Sabtu, 21 Agustus 2021

PENGALAMAN DAN CARA MENGATASI MASKNE (MASK ACNE)

Hallo semua... 

Dimulai dari postingan ini, mungkin aku bakal cerita mengenai permasalahan soal Acne atau Jerawat yang pernah aku alamin. 

Yang pertama, Maskne.

Maskne (diucapkan mask-nee dan kadang-kadang dieja mask-ne atau mascne), adalah gabungan dari "mask" dan "jerawat." Istilah yang muncul digunakan selama pandemi COVID-19 pada tahun 2020 untuk merujuk pada jerawat dan ruam wajah lainnya yang terjadi terkait dengan pemakaian masker. Temuan ini hanya observasional dan terkait dengan tekanan, oklusi dan gesekan. Dalam satu artikel, maskne diamati disebabkan oleh peningkatan kelembaban di daerah yang tersumbat dan sebum yang disekresikan, meningkatkan jumlah squalene pada kulit. Ini, bersama dengan keringat berlebih menyebabkan pembengkakan keratinosit epidermis, menyebabkan obstruksi akut dan jerawat yang bertambah parah. Source : Wikipedia.

07 April 2021

Selama aku maskne, hampir setelah aku pulang dari luar pakai masker, pasti tumbuh satu jerawat di area antara bibir dan hidung. Belum sembuh satu jerawat, udah muncul lagi. Akhirnya aku pikir-pikir lagi, kenapa bisa kaya gitu. Ternyata penyebabnya... 

Aku gacocok sama masker medis :( apalagi dipakainya kalau ke daerah yang panas gitu. Waktu awal pandemi, aku lebih sering pakai masker kain, ketimbang pakai masker medis, dan karena dapet masker kain gratis juga dari kantor. Eh, ternyata pandeminya makin parah, aku berinisiatif sendiri biar lebih aman, coba pakai masker medis, dan akhirnya malah maskne

Setelah baca-baca di google, dan mencocokkan, ternyata mungkin masker medisnya gabisa nyerap keringat malah numpuk diarea antara bibir dan hidung itu, belum lagi kulitku bergesekkan sama masker yang bikin kulit aku iritasi, dan timbulah jerawat. 

10 April 2021

Setelah, ganti lagi pakai masker kain, maskneku perlahan-lahan membaik, dan malah gapernah lagi timbul jerawat. *senengbanget*.

Oh ya selama aku tahap penyembuhan maskne, sebelum aku pakai masker keluar, aku biasain buat pakai pelembab wajah dulu, dan cuci muka setelah dari luar. Kalau keluarnya lama, aku juga bawa cadangan masker buat ganti. Temenku malah bawa kipas kecil portable kemana-mana. Bersyukurlah karena aku cocok pakai masker kain, karena aku pikir juga kalau pakai masker medis, malah nambahin sampah dibumi, karena cuman sekali pakai. Sedangkan masker kain, bisa dicuci dan dipakai lagi. 

Update Juli 2021 -  Kasus Covid-19 meningkat lagi di Indonesia, malah disarankan harus pakai Double Masker. Masker Kain dan Masker Medis. Aku gatau kalau semisal aku pakai Double Masker apakah Maskneku akan kambuh lagi? Beruntunglah aku, karena work from home dari kampung halamanku, yang kasusnya enggak separah di Jakarta. 

Update Agustus 2021 - Kasus Covid-19 di Indonesia terutama di Jakarta mulai menurun *Alhamdulillah* Semoga Indonesia bisa kaya negara lain, contoh : Australia, Amerika yang udah perlahan bisa lepas dari penggunaan masker. Pengap jugakan kalau harus pakai Double Masker gitu terus :( huhu.

Sekian cerita dari aku. Semoga semuanya selalu diberikan kesehatan, dan dijauhkan dari pandemi Covid-19 ini. Sampai ketemu lagi~ 💗


Salam, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar