Jumat, 25 September 2020

PENGALAMAN DIET

Hallo Semua... 


Hari ini, aku mau share soal pengalaman aku diet. 
Jadi awal September 2020, aku planning buat diet. 
Karena berat badanku udah lebih banget dari 60kg. 😌

Aku daftar gym juga loh! ditempat gym itu juga ada kelas bodycombat, aerobic, sama shine dance. Tempatnya deket kostku, jadi bisa jalan kaki ketempat gymnya sekitar 15 menit sampe, lumayan olahraga jugakan pulang-pergi. Oh ya, karena lagi pandemi Covid-19, jadi pulang-pergi pakai masker, dan galupa bawa handsanitizer.

Karena bulan ini udah mau masuk akhir September 2020, aku mau evaluasi dietku.

Bulan pertama ini, aku masih kegoda sama cemilan
Gara-gara kerupuk kulit, aku jadi beli kerupuk-kerupuk lain diwarung. padahal gabiasa-biasanya aku jajan kerupuk. anehkan. Kalau mau diet, aku saranin jangan sering-sering liat postingan makanan apalagi diskon digrabfood yang menggoda~. Terus ada topokki, yang aku liat di instagram, karena emang dari sebelum aku diet, udah kepengen banget tuh tapi belum kesampean. akhirnya dibeli. eh terus ujan malem-malem, yaudah dimasak deh. dosa banget. Terus ada lagi roti kering, roti bakar yang penuh gula diwarung. kesukaanku. :( 

Note : Kalau diet, alangkah baiknya jangan sering-sering kewarung. haha. Cukup belanja mingguan aja biar stock

Positifnya :
1. Aku udah bisa mengurangi minum-minuman berkalori tinggi, seperti boba, minuman teh semacam teh botol, teh pucuk, dkknya. yang ternyata kalau diminum 1 botol, setara sama banyaknya olahraga dan keringet yang harus diperes. Bisa liat diyoutubenya kak Yulia Baltschun di link ini : https://www.youtube.com/watch?v=YoQA2eJP_Fs, abis nonton ini kalian pasti bakal langsung kapok. Sekarang aku cuman minum teh hijau, sama air putihπŸ™† air putih juga aku biasain buat 2 liter sehari, malah mungkin lebih karena ditambah seduh teh ijo cap djenggot pagi sama malem.

Tips : Aku pakai botol 1 liter ini biar lebih gampang tau apa aku udah minum 2 liter atau belum. Aku belinya di Mr.DIY. Murah ko cuman Rp 20.000an.

2. Makanan. Aku tuh suka banget sama ayam geprek, friedchicken, bakso, katsu (makanan berminyak) dan ini semua juga sudah lewat~ aku juga usahain banget gamakan nasi. Aku makannya oatmeal campur susu lowfat sama buah-buahan aja. Tapi lama kelamaan ternyata enek juga. Jadi aku mulai beli sayur-sayuran, telur, sama sarden. aku juga mulai belajar buat itung kalori makananku di Aplikasi ini : 

Aplikasi My FitnessPal dan Fat Secret

Pengen banget belajar masak dan makan dada ayam. Tapi enaknya tuh harusnya ada timbangan makanan biar tau seberapa banyak yang aku makan. Soon aku mau beli juga. Mungkin juga beli blender biar bisa bikin smoothies atau jus. πŸ˜‹

Aku juga udah ngebiasain untuk Intermitten Fasting (OCD). jadi aku makan antara dari Jam 12 - Jam 5 Sore. Kalau paginya laper, dan karena kerja, aku makan apel atau pisang aja. 

3. Olahraga. Ya aku mulai lagi olahraga, olahraga di gym, ikut kelasnya, terus kadang-kadang juga main alat tapi ya gaberat-berat paling buat paha sama lengan. Karena ngeri aja sendiri angkat-angkat beban takut cedera. Padahal weighlifting katanya bagus banget buat ngebentuk otot. jadi otot itu yang nantinya nyimpen lemak-lemak kita.

Terus kalau pagi, aku biasain buat olahraga juga dikost nonton workout di Youtube. Sabtu-Minggu karena free gaada kelas, aku biasain juga buat olahraga dan ngebiasain buat seenggaknya Hiit Cardio. sebagai gantinya weighlifting. 

Progress : 
Aku merasak pahaku sedikit mengecil,  karena baju overall yang kemarin-kemarin pas dipake, ngetat banget sekarang ngelonggar. Perut aku juga mengempes. Tapi ya kalau udah mulai bandel perutnya agak sedikit besar lagi, tapi gabesar besar banget. Soal timbangan, masih stuck sih :(

JUJUR. Nurunin berat badan itu gasegampang naikan berat badan huhu. Mangkannya nih, aku bertekat banget nanti kalau udah slim lagi, aku gaakan mau balik lagi ke gaya hidupku yang gasehat. 

Dari diet ini, banyak banget jadinya yang aku pelajari tentang gaya hidup sehat. Tabunganlah ya buat masa tua nanti.

Alasan buat blog ini juga karena aku mau ngerekam (?) pengalamanku, dan buat aku biar galupa gimana susahnya perjuangan ini buat mengurangi angka ditimbanganku. 

Semoga aja bulan Oktober 2020 aku makin bisa disiplin. Semangat untuk aku dan kalian semua yang punya goals dan PR diakhir tahun ini dan jangan nyerah!

Salam, 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar